Pembekalan Teknis Mahasiswa KKN Unair di Benjeng

Jumat, 06/07/2018, di Pendopo Kecamatan Benjeng, dilaksanakan Pembekalan Teknis Mahasiswa KKN Unair Surabaya. Menindaklanjuti penerimaan KKN mahasiswa beberapa waktu lalu oleh Bapak Bupati Gresik di WEP (Selasa, 03/07/2018). Hari ini ditindaklanjuti dengan pembekalan teknis oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Gresik bersama dinas terkait.

Dalam acara pembekalan teknis diisi dari 4 dinas di Kabupaten Gresik. Bappeda Gresik selaku pemangku acara mengharapkan peranan mahasiswa KKN dan dampak yang dirasakan masyarakat lebih nyata dan bisa dinikmati masyarakat. Untuk itu Bappeda  bersama dinas terkait berkerja sama dengan Unair untuk mewujudkan hal tersebut. Seperti yang disampaikan Bapak Kemas Saiful Rizal dari Bappeda Gresik.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik memberikan pengarahan tentang masalah kependudukan dan validasi data kependudukan. Diharapkan para mahasiswa dan pertugas register kependudukan desa bisa bersinergi saling membantu dalam tugas validasi data kependudukan.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik memberikan pengarahan tentang pentingnya penanganan sampah. Antara lain dengan bank sampah, untuk pengelolaan sampah yang bisa menjadi nilai ekonomi bagi warga.

Dinas Kominfo Gresik menyoroti pengembangan website desa di Kecamatan Benjeng yang belum ada sama sekali. Diharapkan kepada mahasiswa KKN yang lebih melek teknologi bisa mendampingi warga dan perangkat desa untuk membuat website desa.

Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik, menyajikan program pentingnya perpustakaan desa. Sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan bagi warga desa. Bahkan tidak hanya itu, perpustakaan bisa juga untuk meningkatkan keterampilan warga dengan berbagai pelatihan yang dilaksanakan di perpustakaan. Seperti halnya yang dicontohkan salah satu perpustakaan terbaik di Gresik yang meraih prestasi nasional, yaitu Perpustakaan Pelangi Desa Suci.

Acara ini dihadiri Kepala Desa yang ditempati KKN, petugas register kependudukan desa, dan perwakilan mahasiswa KKN setiap desa. Secara umum pihak desa dan para mahasiswa menyambut baik dan berusaha melaksanakan harapan dan arahan yang telah diberikan. Demi mewujudkan kemajuan bagi masyarakat Kecamatan Benjeng dan Kabupaten Gresik.

Pembekalan Teknis KKN Mahasiswa Unair di Kecamatan Benjeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *