Pelayanan Cetak eKTP di Kecamatan Benjeng

Benjeng, 23/03/2018, informasi tentang pelayanan e-KTP ternyata masih banyak warga yang belum mengetahui.  Beberapa masalaah cetak eKTP sering ditanyakan kepada petugas pelayanan di Kantor Kecamatan Benjeng. Yang paling banyak tentu saja, eKTP belum jadi padahal sudah pernah rekam, bahkan bertahun-tahun.

Pada kasus “sudah rekam e-KTP tapi belum jadi.” berikut ini solusi yang bisa kami berikan. Pemohon bisa memeriksa status e-KTP di kantor kecamatan masing-masing. Status dalam hal ini, menyatakan data siap cetak atau masih bermasalah. Karena dimungkinkan ada beberapa kondisi penyebabnya.

Sebab eKTP masih belum jadi, alias tidak bisa dicetak yaitu data ganda. Data yang sama terdapat di wilayah kabupaten kota lain, sehingga harus dihapus salah satu.

Kondisi lain dupiklat rekam, pernah rekam lebih dari satu kali di tempat yang berbeda. Misalnya di domisili asal sudah melakukan rekam data eKTP. Kemudian pindah alamat baru, beda wilayah kabuaten, dan melakukan rekam lagi, maka ada dua data yang harus dihapus salah satu.

Masalah lain yang menghambat eKTP belum bisa dicetak, karena data rekam pemohon belum ditarik ke data base pusat, sehingga belum divalidasi. Semua permasalahan tersebut bisa diselesaikan operator eKTP di tingkat kecamatan, jika masih tidak bisa, terpaksa pemohon harus ke Dispendukcapil Kabupaten Gresik.

Untuk pencetakan eKTP di Kantor Kecamatan Benjeng, saat ini melayani 3 kecamatan. Yaitu Benjeng, Balongpanggang dan Cerme. Secara umum persyaratannya sudah pernah melakukan rekam data. Membawa surat pengantar dari desa atau kecamatan. Dan tidak boleh diwakilkan, karena ada validasi sidik jari pemohon yang bersangkutan.

Berikut ini kami tampilkan informasi layanan cetak eKTP, antara lain: KTP Pemula, KTP Perubahan Biodata, KTP Pindahan dan KTP Hilang. Silakan disimpan dan bisa dishare untuk informasi kepada masyarakat.

Warga yang sudah rekam tapi belum pernah dicetak, kami sebut KTP Pemula.
Kartu keluarga yang baru sudah jadi. Tapi eKTP masih lama. Sedangkan status dan biodata penduduk sudah berganti.

 

Warga pendatang, setelah KK terbaruh sudah jadi, silakan ajukan cetak eKTP baru sesuai data yang terbaru.
Untuk pengurusan KTP hilang, harus ada surat keterangan hilang dari kepolisiam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *