Dermo dan Munggugebang Sambut Gresik Bisa

Tarwiono Kepala Dusun Ngemplak, Wariono Kepala Desa Munggugebang, Nuryadi Camat Benjeng bersama Ibu Munifah Camat Benjeng. Bersama kader lingkungan Desa Munggugebang siap mengikuti lomba kebersihan lingkungan Gresik Bisa

Kamis, 15 Maret 2018, sebanyak 3 desa di Kecamatan Benjeng antusias mengikuti kompetisi pelestarian lingkungan bertajuk Gresik Bisa 2018. Yaitu Desa Dermo, Munggugebang dan Kedungrukem. Gresik Bisa kepanjangan dari bersih, indah, sejuk dan asri.

Yang dinilai dalam lomba lingkungan ini ada 6 kategori. Antara lain penghijauan dan RTH, kesehatan dan fasilitas sanitasi, serta pengelolaan sampah. Selain itu aksi kader desa yang berkaitan lingkungan juga menjadi nilai tambah dalam pengelolaan kebersihan pemukiman. Kriteria lainnya yakni upaya penghematan energi.

Lomba yang dihelat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik ini juga menilai produk unggulan sebagai ikon suatu desa. Tujuannya produk UKM desa semakin meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga. Beberapa produk unggulan desa antara lain sentra industri tas di Desa Munggugebang. Opak jepit di Desa Kedungrukem. Dan Desa Dermo memiliki produk unggulan kasptok baju. Semua produk unggulan tersebut juga ditampailkan pada saat penilaian lomba Gresik Bisa.

Dari penilaian lomba yang sudah dilaksanakan di Desa Dermo dan Munggugebang, masing-masing Kepala Desa bersama warga sangat antusias. Pada Minggu 11 Maret 2018, di Desa Dermo warga antusias menyambut juri dengan arak-arakan. Mengajak berjalan kaki memasuki Desa Dermo diriingi warga yang berpakaian tradisional dan asesoris baju dari bahan sampah yang telah didaur ulang. Kesenian musik patrol ikut mengawal dan menghibur.

Di Dusun Ngemplak Desa Munggugebang para juri disambut dengan pemberian kalung bunga dari daur ulang sampah. Pasukan dari kader lingkungan memberikan sambutan dan yel-yel yang menghibur. Kemudian membawa para juri berkeliling kampung atau RT yang mengikuti lomba. Sepanjang gang terlihat hijau, bersih dan indah. Tanaman penghijauan dan bunga di depan rumah penduduk tertata rapi.

Bapak Camat Benjeng Nuryadi bersama Ibu Camat Munifah Nuryadi juga ikut menyambut dan terjun langsung ke desa dalam lomba Gresik Bisa. Tidak pernah absen ikut mengawal meskipun pada hari libur kerja. Seperti pada hari Sabtu kemarin di Desa Dermo.

Penilaian lomba dimulai sejak hari Minggu 11 Maret 2018 di Desa Dermo. Kamis 15 Maret 2018 di Desa Munggugebang. Sedangkan Desa Kedungrukem dilaksanakan pada Sabtu 17 Maret 2018. Semoga tiga desa tersebut bisa meraih prestasi dan membanggakan Kecamatan Benjeng.

Mutain Kepala Desa Dermo bersama Nuryadi Camat Benjeng menyambut juri lomba kebersihan lingkungan Gresik Bisa.
Jalan poros Desa Dermo yang tampak asri dan indah dalam lomba Gresik Bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *